Karena kita “Sang Jagoan”

Sekian lama sudah tidak berpartisipasi pada kegiatan sosial kini rasanya adrenalin untuk melakukan hal tersebut kembali terpacu. Akhirnya wadah untuk menyalurkan adrenalin itu ada pada acara health for kid. Acara yang digagas oleh UKM KSR PMI ITS ini dilaksanakan di SD keputih kejawan. Acara yang memiliki peran untuk mengenalkan phbs kepada anak – anak ini sungguh luar biasa mendapat antusias dari para siswa.

Gambar1. Acara di kelas

Ngomongin PHBS, sudah pada tahu apa artinya belum? PHBS adalah singkatan dari perilaku hidup bersih dan sehat. Pada penyuluhan ini para siswa akan diberi pengarahan mengenai hidup bersih dan sehat. Meliputi pemakaian jamban saat BAB, menggunakan air bersih, olahraga teratur dan terukur, mencuci tangan dengan sabun, membuang sampah pada tempatnya dan pemberantasan jentik nyamuk.

Berkesempatan menjadi pemateri tidak saya sia – siakan untuk membagi ilmu kepada adek adek di sekolah dasar. Meski pada mulanya sulit untuk dikondisikan namun perlahan semuanya bisa diatasi. Dengan jargon sang jagoan, anak anak mulai berantusias dengan kegiatan ini.

Sang Jagoan!
Aku sehat (A)
Aku kuat (A)
Belajar!
Jadi mantap (A)

Hal menarik ternyata anak SD sekarang sudah mulai paham mengenai waktu gosok gigi teratur, hal ini dibuktikan dengan bisa menyebutkan waktu yang baik untuk gosok gigi yakni setelah makan dan sebelum tidur. Tidak hanya menebak, para anak SD juga mampu untuk menjelaskan alasan dari jawaban yang mereka lontarkan. Selain itu mereka juga telah mampu memperagakan cara gosok gigi yang baik dan benar, bahkan satu diantara mereka sangat paham dengan menyebutkan “tidak lupa lidah juga perlu digosok”, sesuatu yang sangat membanggakan.

Antusias pengenalan budaya bersih dan sehat sangat perlu ditanamkan sejak dini. Hal ini untuk membuat mereka terbiasa melakukan hal positif di masa pertumbuhan dan akan dibawa saat mereka telah dewasa. Mari kita berbagi untuk sesama, menularkan semangat positif untuk antusias melakukan perubahan di negeri tercinta ini.

Mari mengawalinya dari hal kecil dan aksi nyata yang kita bisa lakukan.

4

Gambar2. Poto bersama setelah kegiatan

Leave a comment